Monday 16 April 2018

Mengenal Siklus Menstruasi Pada Perempuan Usia Subur

Siklus Menstruasi Pada Wanita Usia Subur Mengenal Siklus Menstruasi Pada Wanita Usia Subur
Siklus Mentruasi (haid), yaitu perubahan fisiologis yang dialami oleh kebanyakan perempuan yang disebabkan oleh banyak faktor. Penyebab mesntruasi yaitu hormon LH-Progesteron dan FSH-Estrogen mengalami pendarahan pada endometrium yang biasanya secara rutin pada setiap bulan. Siklus Menstruasi pada perempuan biasanya akan dimulai ketika masa pubertas, yaitu pada usia 9-17 tahun. Dan apabila seorang perempuan tidak lagi mendapat menstruasi pada usia 25-52 tahun masa tersebut disebut monopause (wanita tidak lagi mendapat siklus menstruasi).

Ketika seorang perempuan mengalami haid, maka akan terjadi peluruhan pada dinding rahim, yang sanggup terjadi rutin dalam setiap bulan atau tidak rutin. Hal ini menjadi indikasi siklus menstruasi perempuan normal ataukan tidak. Salah satu faktor yang mempengaruhi siklus mestruasi tidak teraturadalah ketidakseimbangan hormon, yang disebabkan oleh obat-obatan, stres, gaya hidup tidak sehat, perimenopause, tiroid, sakit, dan sindrom polikistik ovarium.

Sebagai pola apabila seorang perempuan mengalami stres, maka Kelenjar adrenal akan mengeluarkan kortisol. Kondisi tersebut akan mempengaruhi hormon estrogen, progestrogen, dan menurunkan gonadotropin relasing hormone (GnRH) sehingga akan memperlambat terjadinya menstruasi (ovulasi).

Menstruasi yang tidak teratur juga sanggup dipicu lantaran penyakit pada terusan reproduksi, ibarat kista, polip, fibroid, jerawat pada terusan reproduksi, kelainan genetik, endometriosis, dan terjadinya sindrom polikistik ovarium.

Siklus menstruasi (Keluarnya darah Haid) yang normal yaitu selama 4 hari, 6 hari, sampai 8 hari. Adapun darah yang keluar dari proses menstruasi yaitu beberapa fragmen kelupasan endroterium yang berkumpul dengan darah yang tidak sanggup diketahui jumlahnya. Darah yang keluar ini sanggup cair dan juga sanggup beku (mirip ibarat lendir tapi lebih kental). Beberapa penelitian menemukan darah haid pada perempuan yang nomal dalam satu periode menstruasi yaitu sekitar 25 sampai 60 ml.

Bagi kau yang ingin mendapat Siklus Menstruasi Teratur, maka sebaiknya kau mengkonsumsi masakan sehat serta, menghindari stres dan menjaga pola hidup sehat. Apabila kau mempunyai Siklus menstruasi yang normal dan teratur, maka proses kehamilan juga akan cepat terjadi.

Ringkasan:
  • Siklus menstruasi biasanya akan dimulai pada usia 9-17 tahun dan masa monopause pada usia 25-52 tahun.
  • Darah Haid yang keluar dalam satu bulan yaitu  sekitar 25 sampai 60 ml.
  • Menjaga Siklus menstruasi Teratur yaitu dengan melaksanakan pola hidup sehat, menghindari stres dan olahraga cukup.

0 comments:

Post a Comment