Saturday 4 November 2017

Cara Membersihkan Telinga dengan Benar

Gatal
Cara Membersihkan Telinga dengan Benar. Gatal di indera pendengaran membuat kita ingin sekali membersihkannya, baik ada kotoran di indera pendengaran entah tidak. Namun kalau terlalu sering membersihkan indera pendengaran juga tidak baik untuk kesehatan anda. Berikut ini ada beberapa Cara Membersihkan Telinga.
Menggunakan cairan pembersih babby oil dengan kapas untuk adegan daun telinga.

Hindari juga membersihkan indera pendengaran hingga ke liang telinga, apalagi kalau membersihkan dengan cotton bud. Cukup bersihkan hingga sebatas daun indera pendengaran saja. Jika membersihkan terlalu dalam hingga ke liang telinga, kotoran justru akan terdorong semakin dalam, kemudian menumpuk.

Bila indera pendengaran terasa gatal, beri cairan khusus pembersih indera pendengaran di apotek. Cairan tersebut akan mengeras dan akan keluar dengan sendirinya.

Apabila sulit mencari cairan khusus pembersih telinga, anda mampu menggunakan kapas yang telah dicelupkan kedalam air hangat, peras, lalu untir membentuk kerucut dan bersihkan adegan indera pendengaran yang terasa gatal.

Jika terdapat kotoran yang telah membatu di indera pendengaran adegan dalam, bersihkan dengan cotton bud yang salah satu ujungnya berbentuk kail. Jangan gunakan alat yang terbuat dari logam.

Jika permasalahan indera pendengaran anda belum kunjung teratasi, ada baiknya konsultasikan ke dokter yang berpengalaman.

Hindari membersihkan indera pendengaran terlalu sering. Sebab, kalau indera pendengaran terlalu sering dirangsang, kelenjar minyak pencegah masuknya kotoran dari luar, yang terletak di sepertiga adegan luar indera pendengaran yang berbulu, malah akan mengeluarkan minyak berlebihan.

Kalau diketahui ada kotoran yang telah mengeras di akrab gendang telinga, harus segera diperiksakan ke dokter andal THT. Biasanya dokter akan menawarkan obat tetes indera pendengaran (karbol gliserin 10%) untuk memecahkan kotoran tersebut. Kotoran yang sudah pecah disemprot atau dikorek keluar.

0 comments:

Post a Comment