Monday 16 April 2018

Anatomi Organ Reproduksi Sembilan Perempuan Dan Fungsinya

 Organ reproduksi Wanita ialah beberapa penggalan badan perempuan yang berfungsi dalam proses m Anatomi Organ Reproduksi Sembilan Wanita dan Fungsinya
Organ reproduksi Wanita ialah beberapa penggalan badan perempuan yang berfungsi dalam proses mendapat keturunan. Dan dengan memahami anatomi dan fungsinya dibutuhkan seseorang akan lebih sadar menjaga kesehatan organ reproduksinya. Adapun klarifikasi masing-masing Anatomi Organ Reproduksi Wanita dan fungsinya ialah sebagai berikut:
  1. Ovarium (indung telur), ialah organ yang berada di kiri dan kanan rahim dengan fungsi memproduksi sel telur (ovum) secara bergantian selama satu bulan sekali. 
  2. Tuba Fallopii (saluran telur), ialah jalan masuk berfungsi sebagai jalur ovum dari indung telur menuju rahim. 
  3. Uterus (rahim), ialah organ reproduksi yang sebagai daerah janin dibesarkan. Bentuk Rahim menyerupai mirip buah alpukat gepeng sebesar telur ayam, dengan berat normal 30-50 gram.
  4. Cervix (leher rahim), ialah penggalan yang berada di bawah rahim. Pada dikala persalinan, maka leher rahim akan membuka (pembukaan 1-10) sampai bayi sanggup dilahirkan.
  5. Vagina, ialah jalan masuk berbentuk silinder yang sangat lentur dan berlipat-lipat. Organ reproduksi ini berfungsi sebagai daerah penis pada dikala bekerjasama suami istri, daerah keluar bayi dan darah haid.
  6. Selaput dara (hymen), merupakan selaput  tipis (tidak mengandung pembuluh darah ) yang terletak pada 1/3 luar vagina. Penyebab selaput dara robek ialah masuknya benda padat ke dalam vagina, terjatuh, atau akhir dari olah raga berat menyerupai berkuda atau bersepeda.
  7. Mulut vagina, ialah rongga penghubung rahim dengan penggalan luar tubuh.
  8. Bibir vagina, ialah organ reproduksi yang terdiri dari labia mayora (bagian yang terluar dari verbal vagina yang ditumbuhi oleh bulu ) dan labia minora (terletak dibelakang labia mayora yang banyak mengandUng pembuluh darah dan syaraf)
  9. Tulang kemaluan, ialah tulang yang terletak didepan kantung kencing,
Dengan memahami anatomi dan fungsi dari organ reproduksi wanita tersebut diatas, dibutuhkan kesadaran untuk menjaga kesehatan organ reproduksi perempuan lebih tinggi dan kau lebih hati-hati dalam merawat organ reproduksi terutama menghindari menjaga kebersihan, seks bebas, sikap seksual tidak sehat dan suka berganti-ganti pasangan.

Ringkasan:
  • Anatomi organ reproduksi perempuan terbagi menjadi sembilan dan memiliki fungsi yang berbeda namun saling mendukung,
  • Bentuk Rahim daerah pertumbuhan janin menyerupai buah alpukat gepeng sebesar telur ayam, dengan berat sekitar 30-50 gram,
  • Selaput dara sanggup robek tidak hanya sebab aktifitas seksual, namun sanggup sebab olahraga atau terjatuh,

0 comments:

Post a Comment