Saturday 26 August 2017

Makanan Enak Ini Ternyata Bisa Redam Kram dan Nyeri Jelang Haid

Hai , |
Banyak wanita mengalami kram perut dan nyeri sebelum haid. Beberapa bahan makanan mengandung nutrisi yang dapat mendukung proses haid dan mencegah rasa sakit ketika haid.​

“Nutrisi yang cantik akan membantu meredakan nyeri ketika haid​ , meningkatkan energi dalam tubuh , serta tentu saja membuat ​tubuh ​lebih sehat ,” ​jelas ​Joy Bauer , jago gizi sekaligus penulis buku Joy Bauer’s Food Cures: Eat Right to Get Healthier , Look Younger , and Add Years to Your​ Life.
​Makanan segar kaya serat dan lemak baik , cocok dikonsumsi menjelang haid biar perut tidak kram dan sakit. Demikian juga dengan beberapa makanan sehat ini.

1.​Yogurt

Makanan Enak Ini Ternyata Bisa Redam Kram dan Nyeri Jelang Haid


Konsumsi yogurt juga baik saat​ haid​. Seporsi yogurt rendah lemak merupakan sumber kalsium. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Massachusetts at Amherst dan institusi lainnya , konsumsi makanan kaya kalsium dan vitamin D akan menurunkan risiko nyeri sebelum haid sampai 40%.

​2.​Ikan

Makanan Enak Ini Ternyata Bisa Redam Kram dan Nyeri Jelang Haid


Makanan kaya Vitamin D selain ba​ik​ untuk tulang , juga ba​ik​ untuk wanita yang sedang mengalami PMS. Sumber vitamin D mampu ​di​dapatkan dari ikan-ikanan mirip salmon , makarel , sarden , juga ikan herring. Bahkan susu juga sumber vitamin D yang baik untuk Anda.

​3. ​Brokoli
Brokoli memiliki banyak manfaat. Juga mengandung nutrisi mirip kalsium , vitamin A , C , B6 , dan E , mineral kalsium , potasium , sampai magnesium. Vitamin A membantu memperlancar fluktuasi hormon. Brokoli juga merupakan sumber makanan berserat. Serat yang terkandung dalam makanan membantu mengontrol hormon ekstrogen dan sistem pencernaan.

​4. ​Telur
Mengonsumsi telur dapat membantu meredakan nyeri ketika PMS. Kandungan vitamin D , B6 , dan E terdapat dalam telur. Sebuah studi yang melibatkan lebih dari 116.000 orang menyampaikan bahwa tidak hanya makanan yang kaya vitamin D , makanan kaya vitamin B dan E juga dapat mengurangi gejala nyeri PMS. Vitamin B dan E bereaksi terhadap syaraf dalam otak yang menjadikan nyeri PMS. Kita mampu menerima ketiga manfaat vitamin tersebut sekaligus dalam sebuah telur.

Makanan Enak Ini Ternyata Bisa Redam Kram dan Nyeri Jelang Haid


​5. ​Kacang

Kacang yaitu makanan yang kaya akan vitamin B6 dan magnesium. “Makanan yang kaya akan magnesium dapat membantu meredakan perut mulas​ ,​” ​u​jar Bauer. Magnesium bekerja mengatur hormon serotonin di dalam otak​ s​ehingga perasaan selama PMS pun akan nyaman. Karenanya amat disarankan mengonsumsi kacang-kacangan selama menghadapi PMS.

​6.​Pisang
Pisang kaya akan vitamin B6 dan potasium. Keduanya dapat membantu meredakan perut kembung. Kurangnya konsumsi potasium mampu menjadikan otot kram. Karenanya cukup mengonsumsi sebuah pisang untuk menggantikan kadar potasium yang hilang di dalam tubuh selama PMS.

​7.​Teh ​camomile​

Makanan Enak Ini Ternyata Bisa Redam Kram dan Nyeri Jelang Haid


Bauer merekomendasikan teh ​camomile ​bagi yang sedang mengalami PMS. Senyawa alami dalam teh ​ini ​dapat membuat otot perut lebih rileks sehingga mengurangi rasa sakit akhir kram perut yang biasanya dialami ketika menstruasi. Secangkir teh kamomil hangat bebas kafein mampu Anda jadikan pereda nyeri ketika haid.

Selamat Mencoba


http://food.detik.com/read/2016/01/20/185259/3123189/900/kram-dan-nyeri-jelang-haid-bisa-diredam-dengan-makanan-enak-ini 

0 comments:

Post a Comment