Wednesday 6 December 2017

7 Penyebab Flek Hitam pada Kulit Wajah

7 Penyebab Flek Hitam pada Kulit Wajah - Flek umum ditemukan pada wajah dan tidaklah berafiliasi dengan tipe kulit kering, normal atau berminyak. Flek disebabkan oleh banyak hal menyerupai faktor genetik, hormon, sinar UV, kosmetika sehari-hari dan konsumsi obat-obatan yang sanggup memicu terjadinya pigmentasi kulit.

Flek tanggapan sinar matahari yang sering kita lihat yaitu freckles, terjadi lantaran sun spots sinar matahari sedangkan melasma berupa bintik-bintik hitam yang dihasilkan dari kombinasi sinar matahari dan hormon. Flek hitam pada wajah dan dada lebih sering ditemukan pada jenis kulit berwarna cerah. Jika tidak segera dirawat, flek mungkin bertambah banyak dan melebar.

 Flek umum ditemukan pada wajah dan tidaklah berafiliasi dengan tipe kulit kering 7 Penyebab Flek Hitam pada Kulit Wajah
Berikut beberapa penyebab munculnya flek hitam pada kulit wajah :

1.     Sinar Ultraviolet membahayakan kulit
Setiap kali kau berjemur tanpa tabir surya, itu bahwasanya membiarkan kulit terkena sinar UVA dan UVB yang berbahaya bahkan ketika berteduh kulit belum terlindung. Sinar UVA cukup berpengaruh untuk menembus beling yang berarti mengendarai kendaraan beroda empat dalam kendaraan tertutup  masih beresiko terkena sinar UVA dari jendela

2.     Kosmetika 
Beragam kosmetik beredar di pasaran menjadi penyebab flek hitam di wajah terutama kosmetik yang mengandung parfum, zat pewarna atau bahan-bahan tertentu yang sanggup menjadikan fotosensitivitas, Fotosensitivitas yaitu keadaan kosmetik yang digunakan menjadi sensitif terhadap sinar matahari. Misalkan kita menggunakan blush on yang mengandung fotosensitivitas, sehingga tempat tersebut sering terkena sinar matahari menciptakan pipi muncul flek hitam.
Pemakaian parfum di hari yang bersinar cerah beresiko lantaran kebanyakan parfum mengandung photosensitizer yang sanggup menciptakan kulit rentan terhadap sinar matahari sehingga mempercepat pigmentasi. Salah satu misalnya adalah Bergamot Oil, di mana terkandung dalam sepertiga dari seluruh parfum dan cologne di dunia. Kondisi unik ini disebut Berlock Dermatitis dan berkembang pada ketika kulit terkena parfum ditambah sinar matahari

3.     Polusi
Jika tinggal di kota metropolitan yang sibuk dan mengalami beberapa noda hitam di wajah, penyebabnya mungkin yaitu polusi. Flek hitam terbentuk lantaran sel kita memproduksi antioksidan dan melepas melanin secara hiperbola untuk melawan kerusakan tanggapan materi yang sanggup mengiritasi kulit. Dengan  maraknya pencemaran di udara mengiritasi kulit setiap hari, sel kita tentu harus bekerja keras memperbaiki kerusakan

4.    Jangan garuk meskipun gatal
Apabila kulit terasa gatal secara reflek niscaya ingin menggaruknya tapi tindakan tersebut sanggup mengiritasi dan merusak kulit sehingga kulit memproduksi melanin sebagai prosedur pertahanan.  Menggaruk bekas gigitan nyamuk sanggup memicu terbentuknya flek hitam. Noda tersebut biasanya pudar dalam tiga bulan. Namun kalau terpapar sinar matahari tanpa perlindungan, waktu pemulihan sanggup berlangsung lebih usang hingga 2 tahun

5.   Obat
Obat-obatan juga sanggup memicu timbulnya pigmentasi atau flek di kulit. Jika seseorang menggunakan obat-obatan difenilhidantoin, mesantoin, klorpromazine, sitostatik dan minosiklin, flek sanggup muncul termasuk Pil KB memungkinkan menjadi penyebab flek hitam pada kulit. Alasannya bila dikonsumsi, pil tersebut akan memicu hormon yang diproduksi ketika seorang perempuan hamil dalam mempersiapkan badan untuk melahirkan. Hormon itu bertanggung jawab atas hiperpigmentasi, atau flek hitam yang terlihat pada kulit demikian pula dengan pemakaian pil kontrasepsi.

6.   Hormon
Hormon telah terang menjadi penyebab flek hitam di wajah.  Hormon estrogen, progesteron, dan MSH (Melanin Stimulating Hormone). Pigmentasi tanggapan hormonal terjadi pada ibu hamil biasanya terjadi pada trisemester ketiga.

7.   Genetik
Pigmentasi juga sanggup dipengaruhi oleh faktor keturunan dan genetik. Hasil penelitian mengatakan flek tampak lantaran faktor keluarga yang menghipnotis sekitar 20 hingga 70 persen.

Itulah ketujuh penyebab flek hitam pada kulit wajah. Bacalah artikel selanjutnya mengenai tips lengkap cara menghilangkan flek hitam pada wajah. Semoga bermanfaat.
Sumber : Bhanoaputra.blogspot.com, wolipop.detik.com

0 comments:

Post a Comment