Wednesday 6 December 2017

Tips Cara Menyembuhkan Ambeien secara Alami

Tips Cara Menyembuhkan Ambeien secara Alami - Wasir yang dikenal juga dengan istilah ambeien atau hemoroid merupakan penyakit atau gangguan pada anus. Wasir sanggup menimbulkan pembengkakan pada bibir anus bahkan mengalami pendarahan. Hal tersebut tentu menimbulkan ketidaknyamanan bagi penderitanya.

Menurut pakar kesehatan pencernaan dari Divisi Gastroenterologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM, Dr Ari Fahrial Syam, contoh hidup masyarakat kini mungkin menimbulkan prevalensi wasir semakin meningkat. Pola hidup yang dimaksud ialah kurang bergerak, masakan kurang serat, atau tidak cukup minum air. 

Namun, ibarat halnya penyakit pada umumnya, wasir sebenarnya sanggup dicegah. Dokter itu menuturkan beberapa hal yang sanggup mencegah sakit wasir.

1. Usahakan buang air besar dengan lancar

Mengejan ketika buang air akan menimbulkan pembesaran pembuluh darah di anus (wasir). Buang air besar dengan lancar akan mengurangi acara mengejan. Agar buang air lancar, kita perlu cukup minum air dan makan serat. Serat bisa diperoleh dari sayuran ataupun buah. Bisa juga berasal dari sereal atau agar-agar.
Usus besar membutuhkan air dan serat untuk melaksanakan tugasnya dengan baik.

2. Banyak bergerak

Tips Cara Menyembuhkan Ambeien secara Alami Tips Cara Menyembuhkan Ambeien secara AlamiPola hidup kurang bergerak sanggup meningkatkan risiko wasir. Karena itu, solusinya ialah lebih banyak bergerak. Usahakan untuk berolahraga 3-5 kali atau minimal 150 menit seminggu. Selain itu, kurangi naik kendaraan untuk jarak yang masih bisa dijangkau dengan berjalan kaki.

3. Hindari terlalu banyak duduk

Duduk terlalu usang sanggup menimbulkan tekanan pada anus sehingga memicu wasir. Oleh alasannya ialah itu, cobalah untuk tidak duduk ketika melaksanakan acara yang bisa dilakukan sambil berdiri, contohnya menelepon. Kalaupun pekerjaan anda mengharuskan untuk banyak duduk, sering-seringlah menyempatkan diri bangun minimal 2 jam sekali.

4. Hindari terlalu usang di toilet

Gaya hidup orang kini yang tidak bisa lepas dari ponsel (smartphone) sering kali terbawa sampai ke toilet. Padahal, keasyikan mengoperasikan ponsel sambil duduk di toilet sanggup meningkatkan risiko wasir.
Selain itu, membawa ponsel ke toilet hanya akan menambah banyak basil yang melekat padanya.

sumber :
health.kompas.com

0 comments:

Post a Comment