Thursday 4 January 2018

450 Tahun Di Bawah Air Bangkai Kapal Ini Masih Terlihat Utuh!


KepoKesehatan Halo sobat, sekitar 18 kilometer dari pulau Oland , Swedia di maritim Baltik  terletak salah satu bangkai kapal yang paling indah. Rendahnya tingkat sedimen, arus yang lambat, air berpayau, dan tidak adanya cacing  telah menyimpan bangkai kala kapal perang ke-16 “Mars” dalam kondisi yang luar biasa.
Dinamai tuhan perang Romawi, Mars yakni salah satu kapal perang terbesar di dunia dikala dibangun bahkan lebih besar dari kapal

Swedia yang populer "Vasa".  Dengan panjang 48 meter dan 107 senjata di kapal kapal ini ditugaskan oleh Raja Swedia Erik XIV pada tahun 1563.Kapal Mars ini yakni kapal terkemuka armada Swedia yang karam akhir perang.
Setahun kapal Mars di bangkit , kerajaan Swedia terlibat konflik dengan koalisi pasukan yang terdiri dari Denmark, Norwegia, dan Polandia.Pada 30 Mei 1564, Mars menjadi terlibat dalam pertempuran maritim dengan armada Denmark di ujung utara Oaland.


Mars, menjadi kapal perang, telah membawa sejumlah mesin besar yang impulsif meledak menimbulkan kerusakan kapal.Mars karam dengan membawa lebih dari 700 awak dan beberapa ratus prajurit Denmark yang telah berhasil naik ke kapal Mars yang terbakar.
Selama bertahun-tahun, pemburu harta karun dan arkeolog telah mencari Mars tanpa keberhasilan. Kemudian pada tahun 2011 sekelompok penyelam menemukan letak kapal Mars. Meskipun haluan kapal hancur dalam pertempuran, sisa kapal sangat utuh sesudah lebih dari 450 tahun di bawah air.

0 comments:

Post a Comment