Thursday 29 March 2018

Tips Menentukan Alat Kontrasepsi Yang Tepat

Memilih Alat Kontrasepsi yang Tepat merupakan hal yang penting untuk di ketahui bagi setiap pasangan suami istri yang ingin mengatur jarak kehamilan atau melaksanakan aktivitas KB. Hal ini tentu berkaitan dengan kesejahteraan dan masa depan bawah umur terutama persoalan pendidikan. Dengan memakai Alat Kontrasepsi dibutuhkan sanggup membantu sebuah keluarga memenejemen kebutuhan materi dan pendidikan anak sehingga kondisi perekonomian keluarga sanggup tertata dengan tepat.

Masing-masing pilihan Alat Kontrasepsi mempunyai kelebihan dan kekurangan  masing-masing. Dan untuk Memilih Alat Kontrasepsi yang Tepat sebaiknya kau berkonsultasi dengan pasangan dan bidan atau dokter. Alat kontrasepsi sendiri terbagi menjadi Alat Kontrasepsi hormonal dan Alat Kontrasepsi non hormonal.

Alat Kontrasepsi hormonal ialah alat kontrasepsi sanggup menghipnotis  fungsi hormon pemakai, sedangkan Alat Kontrasepsi non hormonal tidak akan menghipnotis dengan fungsi hormon. Pada kesempatan ini cara Kesehatan Keluarga Bunda akan memperlihatkan cara kepada kau beberapa langkah yang dilakukan untuk menentukan Alat Kontrasepsi yang digunakan, diantaranya adalah:

Pertama kau harus menentukan Tujuan Dalam Penggunaan Alat Kontrasepsi, apakah untuk mengatur jarak kehamilan atau memang tidak ingin lagi mendapat kehamilan alasannya ialah memang usia yang tidak lagi produktif atau memang alasannya ialah penyakit yang tidak memperbolehkan kau untuk hamil kembali.

Apabila Tujuan Penggunaan Alat Kontrasepsi Maka ialah untuk mengatur jarak kehamilan sampai saatnya anak kau cukup besar, kau sanggup menentukan alat kontrasepsi spiral atau IUD yang berjangka waktu 5 tahun, Pil KB, Suntik KB, Susuk atau Kondom. Dan apabila penggunaan Alat kontrasepsi ialah semoga benarbenar tidak terjadi kehamilan kembali, sebaiknya kau  melakukan steril (baik suami atau istri)

Langkah kedua ialah kau harus memahami Berbagai Jenis Alat Kontrasepsi dengan Tingkat Kefektifan. Saat ini berbagai jenis alat kontrasepsi yang sanggup kau pilih seperti;
  • Steril (Vasektomi dan Tubektomi), mempunyai tingkat kefektifan 100%
  • Pil KB, Memiliki tingkat kefektifan hampir 100%
  • KB Suntik, Memiliki tingkat kefektifan m hampir 100%
  • KB Susuk, Memiliki tingkat kefektifan hampir 100%
  • Spiral (IUD), Memiliki tingkat kefektifan 97 – 98%
  • Kondom,  Memiliki tingkat kefektifan 90 – 98%
Langkah ketiga dalam Memilih Alat Kontrasepsi yang Tepat ialah kau harus paham juga mengenai Efek Samping Dari Alat Kontrasepsi Yang Akan Digunakan, alasannya ialah memang beberapa Alat Kontrasepsi sanggup menyebabkan imbas samping terutama dikala awal penggunaan. Adapun egek samping penggunaan alat kontrasepsi menyerupai Sering Mengalami Sakit kepala, Haid tidak teratur, Terdapat bercak maupun cairan dari alat kelamin, Merasakan Mual, Mengalami Perubahan mood, Payudara menjadi tidak kencang atau bahkan mengalami Kram.

Ringkasan:
  • Memilih Alat Kontrasepsi yang Tepat harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan pasangan didampingi oleh Bidan atau Dokter Spesialis,
  • Alat Kontrasepsi terbagi menjadi hormonal dan non hormonal, yang keduanya mempunyai tingkat kefektivan hampir 100%,
  • Alat kontrasepsi Hormonal sering emmicu imbas samping menyerupai menstruasi tidak teratur, perubahan mood dan berat badan.

0 comments:

Post a Comment