Saturday 24 March 2018

Tips Mengajarkan Anak Menentukan Jajanan Sehat

Mengajarkan Anak Memilih Jajanan Sehat perlu dilakukan terutama bagi buah hati yang sudah masuk ke sekolah. Hal ini ini dikarenakan, meski orang renta sudah membekali anak dengan camilan dari rumah, tidak jarang anak tetap ingin membeli jajanan yang dijual di kantin sekolah. Hal ini tentu alasannya yaitu kuliner tersebut dijual dengan beranekawarna, rasa dan bentuk, sehingga terlihat sangat menarik.

Selain boros, jajan di luar atau di kantin sekolah tidak dapat dipastikan persoalan kebersihan dan nutrisinya. Bahkan tidak sedikit kuliner tersebut mengandung zat kimia menyerupai boraks, formalin dan pewarna tekstil. Dan memberi tahu anak wacana cara menentukan jajanan yang sehat tidaklah mudah. Namun tetap harus dilakukan demi kesehatan mereka.

Pada kesempatan ini, cara Kesehatan Keluarga Bunda akan menunjukkan beberapa cara yang perlu anak ketahui dalam menentukan jajanan yang sehat, yang diantaranya adalah:
  • Memilih kuliner dalam wadah tertutup dalam kemasan sehingga tidak terkena abu dan dihinggapi lalat.
  • Hindari jenis kuliner dengan harga murah dan mempunyai warna cerah mencolok alasannya yaitu sangat mungkin mengandung materi pangan sintetis hiperbola disertai pewarna non makanan.
  • Patikan buah hati kau menentukan kuliner yang dijual di kawasan yang higienis lingkungan maupun kemasannya. Terhindar dari asap, tertutup, tidak dihinggapi lalat/ serangga serta terhindar dari paparan sinar matahari dan hujan secara langsung. Dan jangan membeli kuliner yang dibungkus dengan memakai kertas bekas maupun koran
  • Beritahu kepada anak untuk menentukan variasi makanan tidak hanya satu jenis kuliner saja. Hal ini bertujuan untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya yang tentunya berasal dari aneka ragam makanan/ jajanan yang mereka dikonsumsi.
  • Jajanan yang dipilih anak harus memenuhi gizi seimbang yang dibutuhkan badan untuk beraktivitas. Meliputi karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral yang penting untuk pertumbuhan optimal.
Banyak cara Mengajarkan Anak Memilih Jajanan Sehat atau menghindarkan anak dari membeli makanan yang tidak sehat. Anda sebagai orang tua, sebaiknya juga  dengan membawakan jajanan/ kuliner sendiri dari rumah untuk mengurangi resiko impian anak untuk membeli kuliner di sekolahan. Anak sebaiknya juga dibiasakan untuk sarapan dengan mengonsumsi sayur, buah dan banyak minum air putih.

Ringkasan:
  • Jajanan yang di sekolahan tidak selalu bersih, sehat dan bernutrisi,
  • Zat Kimia Berbahaya yang sering ditemukan pada jajanan yaitu boraks, formalin dan pewarna tekstil,

0 comments:

Post a Comment