Sunday 15 April 2018

9 Alat Kontrasepsi Perempuan Untuk Sukses Kb 99%

 Alat Kontrasepsi Wanita yaitu alat bantu yang dipakai istri dengan tujuan untuk menceg 9 Alat Kontrasepsi Wanita untuk Sukses KB 99%
Alat Kontrasepsi Wanita yaitu alat bantu yang dipakai istri dengan tujuan untuk mencegah pembuahan sehingga kehamilan bisa direncanakan. Banyak alat kontrasepsi perempuan yang tersedia, dan menurut masa kerja dibedakan menjadi Alat Kontrasepsi sementara (reversible) dan permanen. Hal ini untuk mempermudah pilihan sesuai dengan yang kau kebutuhkan, bahkan bisa diadaptasi dengan aktifitas kamu.

Alat Kontrasepsi tidak hanya dipakai bagi pasangan yang gres saja mempunyai anak, dan ingin mengatur jarak kelahiran. Namun beberapa pasangan yang sudah menikah dan alasannya yaitu bantalan an tertentu ingin menunda kehamilan juga bisa memakai metode ini untuk menunda kehamilan.

Untuk menentukan alat kontrasepsi yang akan dipakai seorang perempuan dituntut untuk bijaksana dan pintar, alasannya yaitu beberapa alat kontrasepsi mungkin akan menimbulkan imbas samping. Dan akan lebih baik apabila hal ini dikonsultasikan terlebih dahulu dengan suami dan dokter kamu. Adapun beberapa macam atau jenis alat kontrasepsi wanita yang bisa dipakai yaitu sebagai berikut:
  • Pil KB, yaitu alat kontrasepsi yang bagi beberapa perempuan dinilai cukup aman, harga terjangkau dan ekonomis. Alat kontrasepsi Wanita ini memperlihatkan jaminan mencegah kehamilan hingga 100 % dengan catatan harus rutin diminum selama 21 hari dan dilarang selama 7 hari. Kekurangan Pil KB yaitu menjadikan imbas samping menyerupai rasa mual, sakit kepala, timbul jerawat dan kenaikan berat badan.
  • KB Suntik, yaitu metode kontrasepsi yang dilakukan dengan memasukan hormone tertentu kedalam perempuan dengan cara suntik. Saat ini KB suntik dibedakan menjadi dua jenis yaitu KB Suntik satu Bulan dan KB Suntik dua Bulan.
  • Susuk KB, yaitu alat bantu kontrasepsi yang dipasang di bawah kulit lengan wanita. Alat tersebut akan melepaskan hormone yang berfungsi untuk memperngaruhi kesuburan perempuan sehingga akan sulit hamil.
  • Cincin Vagina, yaitu metode kontrasepsi yang cukup fleksibel, dengan diameter sekitar 5 cm alat kontrasepsi ini dimasukan kedalam vagina dengan cara menekan kedua tepi secara bersamaan dan lalu dikeluarkan setelah 3 minggu. Setelah cincin vagina ini dikeluarkan, maka perempuan akan mengalami siklus haid. Cincin ini akan melepaskan hormon estrogen dan progesteron untuk mencegah kehamilan. Kekurangan Cincin Vagina yaitu sanggup menimbulkan nanah vagina yang sanggup sembuh dalam beberapa bulan. Sehingga penggunaannya harus sesuai dengan resep dokter.
  • Spon, yaitu alat kontrasepsi perempuan berbentuk busa, yang dipakai dengan cara dimasukkan ke dalam vagina beberapa jam sebelum melaksanakan hubungan suami istri, dan dibiarkan didalam vagina selama 30 jam sehabis berhubungan. Alat kontrasepsi ini bertujuan untuk membunuh sperma (spermicide) sehingga tidak bisa membuahi sel telur. Kekurangan Spon Vagina yaitu tidak sanggup mencegah penyakit seksual yang menular dan sanggup memicu terjadinya iritasi vagina sehingga rentan terhadap mikroba.
  • Kondom Perempuan, yaitu alat kontrasepsi berbentuk menyerupai kantung plastik panjang dengan cincin pada kedua ujungnya. Pada pecahan ujung yang satu terbuka sebagai susukan penis, sedangkan ujung yang satu tertutup yang dibentuk khusus untuk menahan alat vital laki-laki masuk ke dalam area serviks.
  • Diafragma, yaitu alat kontrasepsi perempuan yang berbentuk tudung/mangkuk yang terbuat dari karet yang fleksibel. Alat bantu KB ini dibentuk dalam banyak sekali ukuran sehingga sanggup dipilih yang paling pas dengan tubuh kamu. Selain sanggup mencegah kehamilan, diafragma juga efektif dalam mencegah resiko kanker rahim. kekurangan penggunaan alat kontrasepsi ini yaitu kurang afektif, alasannya yaitu harus dibiarkan didalam vagina kurang lebih 6 jam setelah berafiliasi suami istri.
  • KB Spiral / IUD, yaitu salah satu alat kontrasepsi dalam rahim yang juga cukup banyak dipakai di Indonesia. Metode KB ini yaitu dengan cara memasang alat IUD di dalam rahim, yang nantinya akan melepaskan hormone untuk mencegah kehamilan. Alat ini ada yang bisa dipakai dalam tiga tahun atau lima tahun.
  • Sterilisasi atau tubektomi, yaitu metode kontrasepsi permanen yang jarang dipilih oleh wanita. Karena apabila perempuan menentukan untuk melaksanakan Sterilisasi permanen, maka ia tidak akan bisa hamil lagi. Hal ini dikarenakan Sterilisasi memakai metode memotong atau menutup saluran telur yang terentang dari ujung atas rahim hingga kandung telur. Metode ini juga bisa dilakukan pada laki-laki (vasektomi), yaitu dengan cara mengikat atau memotong saluran sperma sehingga laki-laki tidak sanggup menghasilkan sel sperma lagi.
Ringkasan:
  • Alat Kontrasepsi yaitu alat bantu KB yang dipakai untuk mencegah terjadinya kehamilan,
  • Saat ini alat kontrasepsi yang paling banyak dipakai yaitu Pil KB dan KB Suntuk,
  • Macam Alat Kontrasepsi Wanita yaitu Pil KB, Suntik KB, KB Susuk, Cincin Vagina, Spon, Kondom Perempuan, Diafragma, Spiral dan Sterilisasi.

0 comments:

Post a Comment