Monday 16 April 2018

Penyebab Perempuan Tidak Mengalami Haid

 Wanita Tidak Mengalami Haid dalam ilmu kedokteran dikenal dengan Istilah Amenorea Penyebab Wanita Tidak Mengalami Haid
Wanita Tidak Mengalami Haid dalam ilmu kedokteran dikenal dengan Istilah Amenorea. Hal tersebut memang normal, apabila terjadi pada masa perempuan sebelum pubertas, kehamilan dan menyusui, dan sehabis memasuki masa menopause. Namun apabila terjadi pada kondisi diluar itu, tentu akan menjadi Penyebab Wanita Sulit Hamil. Amenorea terbagi menjadi Amenorea sekunder (tidak terjadinya menstruasi selama 3 siklus menstruasi) dan Amenorea primer (keadaan tidak haid pada perempuan usia 16 tahun dan terjadi pada 0.1 – 2.5% perempuan usia reproduksi Amenorea sekunder).

Adapun Penyebab Amenorea yakni sebagai berikut:
  • Pubertas yang terlambat,
  • Kegagalan dari fungsi indung telur,
  • Agenesis uterovaginal (tidak tumbuhnya organ rahim dan vagina),
  • Gangguan pada susunan saraf pusat,
  • Himen imperforata yang mengakibatkan sumbatan keluarnya darah haid sanggup dipikirkan apabila perempuan mempunyai rahim dan vagina normal,
Penyebab terbanyak dari amenorea sekunder yakni kehamilan, sehabis kehamilan, menyusui, dan penggunaan metode kontrasepsi disingkirkan, sehingga penyebab lainnya adalah:
  • Wanita mengalami Stress dan Depresi,
  • Kekurangan nutrisi, penurunan berat tubuh berlebihan, olahraga hiperbola dan obesitas,
  • Terjadinya gangguan hipotalamus dan hipofisis,
  • Terjadinya gangguan indung telur,
  • Konsumsi Obat-obatan,
  • Menderita Penyakit kronik dan Sindrom Asherman,
Pengobatan Amenerea

Apabila didapatkan adanya perkembangan seksual sekunder pada penderita amenorea primer, maka dibutuhkan investigasi organ dalam reproduksi (indung telur, rahim, perlekatan dalam rahim) melalui investigasi USG, histeroskopi, histerosalpingografi, dan Magnetic Resonance Imaging (MRI). Namun apabila tidak didapatkan tkamu-tkamu tersebut dibutuhkan investigasi kadar hormon FSH dan LH, untuk selanjutnya dilakukan tindakan medis.

Pengobatan Amenerea yang disebabkan lantaran obesitas juga sanggup dilakukan dengan diet dan olahraga. Mengatasi stress dan menurunkan kegiatan fisik yang berlebih juga sanggup membantu mengatasi gangguan Amenerea pada wanita. Terapi amenorea diklasifikasikan menurut penyebab terusan reproduksi atas dan bawah, penyebab indung telur, dan penyebab susunan saraf sentra pada wanita.

A. Wanita Tidak Mengalami Haid Karena Gangguan di Saluran reproduksi
  1. Penggumpalan bibir labia (Aglutinasi labia) yang sanggup diterapi dengan krim estrogen,
  2. Adanya kelainan bawaan dari vagina, menyerupai selaput dara tidak mempunyai lubang, vagina mempunyai pembatas diantaranya), sanggup diatasi dengan insisi atau eksisi (operasi kecil)
  3. Terjadi sindrom Mayer-Rokitansky-Kuster-Hauser yakni gangguan yang terjadi pada perempuan yang mempunyai indung telur normal namun tidak mempunyai rahim dan vagina atau mempunyai kedua organ reproduksi tersebut namun kecil atau mengerut. Terapi untuk penyembuhan dilakukan dengan terapi non-bedah berupa dilatasi (pelebaran) dari tonjolan di daerah seharusnya vagina berada atau terapi bedah dengan menciptakan vagina gres memakai metode skin graft.
  4. Parut pada endometrium (lapisan rahim) atau perlekatan intrauterine (dalam rahim) disebut sebagai sindrom Asherman sanggup terjadi lantaran tindakan kuret, operasi Caesar, miomektomi (operasi pengambilan mioma rahim), atau tuberkulosis. Gangguan ini sanggup dilihat dengan melihat rahim dengan memakai foto roentgen dengan kontras. Dan untuk pengobatan gangguan ini, sanggup dilakukan dengan operasi pengambilan jaringan parut dan pemberian takaran estrogen sehabis operasi.
B. Wanita Tidak Mengalami Haid Karena Gangguan Indung Telur
  1. Disgenesis gonadal. Disgenesis gonadal yakni tidak terdapatnya sel telur dengan indung telur yang digantikan oleh jaringan parut. Terapi yang dilakukan dengan terapi penggantian hormon pertumbuhan dan hormon seksual
  2. Gangguan hipofisis lantaran adanya tumor atau peradangan sanggup mengakibatkan amenorea. Terapi dengan memakai agonis dopamin sanggup menormalkan kadar prolaktin dalam tubuh sehingga kesuburan wanita kembali normal. sedangkan Sindrom Sheehan yakni tidak efisiennya fungsi hipofisis, yang sanggup diobati dengan penggantian hormon agonis dopamin atau terapi bedah berupa pengangkatan tumor.
  3. Gangguan hipotalamus yang disebabkan lantaran Sindrom polikistik ovari, gangguan fungsi tiroid, dan Sindrom Cushing. Pengobatan sanggup dilakukan sesuai dengan penyebab dari hipotalamus,
  4. Hipogonadotropik, hipogonadism disebabkan lantaran adanya kelainan organik dan kelainan fungsional (anoreksia nervosa atau bulimia), yang sanggup diobati dengan sumbangan psikiater
Dari pembahasan diatas, menekankan kepada kau bahwa Wanita Tidak Mengalami Haid sanggup disebabkan oleh beberapa hal. Dan dari masing-masing penyebab sanggup dilakukan penyembuhan biar kesuburan perempuan sanggup didapatkan kembali. Kesuburan perempuan tentu sangat besar lengan berkuasa untuk terjadinya kehamilan dan memperpanjang generasi kamu.

Ringkasan:
  • Wanita Tidak Mengalami Haid dalam istilah medis dikenal sebagai Amenorea Sekunder dan Amenorea Primer,
  • Amenorea Sekunder dan Amenorea Primer akan mengganggu kesuburan perempuan yang memungkinkan perempuan untuk hamil,
  • Gangguan Amenorea sanggup diobati dengan terapi atau pembedahan (Operasi).

0 comments:

Post a Comment