Thursday 24 August 2017

Bunda Harus Tau!! Inilah 3 Makanan Kaya Omega-3 untuk Otak Anak

Hai , |
Bunda Harus Tau!! Inilah 3 Makanan Kaya Omega-3 untuk Otak Anak


Mungkin kita sering mendengar perihal fungsi DHA ( dovosahexaenoic acid ) dalam kandungan susu formula yang diiklankan di televisi. Biasanya , DHA dikaitkan dengan kecerdasan anak. DHA yaitu salah satu jenis omega-3. Omega-3 sendiri merupakan kelompok lemak polysaturnated atau lemak tak jenuh jamak. Asam lemak ini memiliki keistimewaan sebab di dalamnya terdapat ikatan ganda , berupa pertalian spesial yang membuatnya lebih fleksibel , interaktif , dan lebih tahan akan kerusakan.

Namun , asam lemak ini tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh sehingga harus didapat dari makanan. Jenis omega-3 bukan hanya DHA , melainkan juga ada EPA (eicosapentaenoic acid) dan ALA (alph-linolenic acid). Apa saja fungsi omega-3 bagi otak anak? Check this out.

Fungsi Omega-3 bagi Sang Buah Hati

ALA digunakan oleh tubuh untuk menghasilkan energi bagi sel (sekitar 85% energi bersumber dari ALA). Jika tidak memiliki kadar ALA yang mencukupi , DHA dan EPA pun tidak akan terbentuk dengan baik. Di sisi lain , EPA berfungsi dalam membentuk prostaglandins , yaitu molekul yang bertugas mengurangi peradangan yang terjadi dalam gejala awal munculnya beragam penyakit. DHA , mirip yang telah dijelaskan sebelumnya , paling berperan dalam kenormalan fungsi otak. DHA berperan dalam kerja seluruh sistem saraf , termasuk dalam otak anak. Selain itu , DHA menghasilkan 20% dari 60% lemak pembentuk dalam otak anak.

Dari penjelasan tersebut , kita dapat menyimpulkan bahwa omega-3 dapat mengurangi risiko kerusakan sistem dalam otak dan menunda pengecilan otak , mirip dalam alzheimer. Alzheimer yaitu hilangnya intelektual dan kemampuan bersosialisasi yang cukup parah dan selanjutnya memengaruhi kegiatan harian. Gangguan Alzheimer menjadikan jaringan otak mengalami penurunan , juga menjadikan menurunnya daya ingat dan kemampuan mental. Oleh sebab itu , penting bagi kita mencukupi kebutuhan omega-3 bagi anak. Omega-3 tidak hanya didapatkan dari perhiasan mirip yang selama ini kita ketahui , tetapi terdapat pula beberapa makanan yang menyumbangkan omega-3.

Beberapa Makanan yang Kaya Omega-3

1. Ikan

Omega-3 memang paling banyak ditemukan pada ikan. Walaupun perhiasan cod liver oil sudah banyak tersedia dan baik pula untuk dikonsumsi , asam lemak omega-3 paling baik didapat dengan mengonsumsi ikan secara langsung. Mengapa? Ini sebab dalam ikan yang dimakan secara eksklusif , anak akan mendapat semua vitamin dan mineral yang penting bagi metabolisme. Jenis ikan yang banyak disarankan selain cod yaitu tuna , salmon , lele , dan belut. Banyak makan ikan akan mencerdaskan otak anak. Makara , yuk , biasakan anak makan ikan!

2. Bayam

Sebenarnya , bukan hanya bayam yang merupakan jenis sayur yang kaya akan omega-3. Brokoli , kol , kubis , dan sayuran hijau lain juga disinyalir mengandung omega-3. Sayuran juga mengandung antioksidan yang berfungsi melawan zat berbahaya dalam tubuh yang menunjang fungsi kulit dan otak anak. Vitamin C dalam sayuran juga akan melindungi otak anak dari banyak penyakit.

3. Kacang-kacangan

Jika anak doyan mengemil kacang-kacangan , sebenarnya kita tidak perlu khawatir , asal diperhatikan kuantitasnya. Pilihlah jenis kacang almond , kedelai , kenari , atau walnut yang lebih baik dari jenis lainnya. Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber omega-3 dan vitamin E yang bisa menunjang kekuatan otak , khusunya dalam hal memori. Kita pun dapat mencampur kacang dalam sereal atau oatmeal dikala membuat sarapan anak. Selain makanan-makanan di atas , buah-buahan , khususnya jenis berries dan avokad juga kaya akan omega-3 , loh. Begitu pun dengan biji rami (flaxseed ) , biji moster ( mustard) , minyak zaitun , biji chia , keju , yoghurt , dan daging. Bukan hanya bekerja pada otak anak , melainkan omega-3 juga bisa mencegah penyakit jantung , membantu menjaga tekanan darah biar tetap normal , menurunkan kadar trigliserida , serta mencegah rheumatoid arthritis atau peradangan sendi kronis dan kerusakan saraf otak. Jika kita ingin memperlihatkan perhiasan omega-3 , sebaiknya kita berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Selamat berkreasi membuat makanan sehat kaya omega-3 bagi anak , ya!

0 comments:

Post a Comment