Sunday 15 April 2018

Siklus Menstruasi, Haid Dan Tiba Bulan Pada Wanita

 Haid atau Datang Bulan merupakan siklus yang akan dialami oleh perempuan setiap bulan Siklus Menstruasi, Haid dan Datang Bulan pada Wanita
Menstruasi, Haid atau Datang Bulan merupakan siklus yang akan dialami oleh perempuan setiap bulan, dan dikala masih dalam kategori usia produktif. Proses ini merupakan peluruhan dinding rahim yang terdiri dari darah dan jaringan badan wanita. Dengan kata lain, Menstruasi Haid dan Datang Bulan merupakan proses pencucian rahim terhadap pembuluh darah, kelenjar-kelenjar dan sel-sel yang tidak terpakai alasannya tidak terjadinya pembuahan oleh sperma.

Menstruasi, Haid atau Datang Bulan terjadi alasannya adanya perubahan fisiologis dalam badan perempuan yang terjadi dalam sebuah siklus dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Siklus Menstruasi penting dalam hal reproduksi alasannya berkaitan akrab gampang atau sulitnya perempuan untuk hamil.

Darah haid yang keluar dikala awal menstruasi berwarna hitam, lalu bermetamorfosis merah, lalu antara merah dan kuning, lalu kuning dan alhasil keruh (yakni antara putih dan hitam), dan alhasil putih higienis tkamu seorang perempuan selesainya haid diantara hari ke 4-7 dan terjadi secara periodik setiap 28 hari atau setiap 21 hari dan 30 hari. Namun memang setiap perempuan biasanya mempunyai warna darah haid yang berbeda antara satu dengan yang lain.

Untuk menampung darah haid dikala siklus menstruasi, perempuan harus menggunakan pembalut, baik itu pembalut tradisional (kain) atau pembalut modern yang sudah ada dengan banyak sekali keunggulan dan bentuk. pembalut modern bahkan telah berkembang dengan adanya pembalut herbal, sehingga nyaman digunakan, ada juga pembalut yang di desain dengan ukuran panjang 29 sampai 35 cm, yang dikhususkan untuk dipakai dikala tidur atau bagi perempuan yang darah haidnya keluar banyak. Penggunaan pembalut harus diganti minimal dua kali sehari, semoga tidak terjadi abuh pada vagina atau gangguan kesehatan reproduksi lainnya.

Selain terjadi pada manusia, Siklus Menstruasi juga terjadi pada primata besar, sedangkan binatang-binatang menyusui lain menyerupai sapi, mengalami siklus estrus. Estrus pada binatang dikenal dengan istilah birahi yang merupakan suatu periode secara psikologis maupun fisiologis pada binatang betina yang bersedia mendapatkan pejantan untuk kopulasi (perkawinan). Adapun Siklus estrus pada binatang dibagi menjadi beberapa fase yang sanggup dibedakan dengan terperinci yang disebut proestrus, estrus, metestrus dan diestrus.

Ringkasan:
  • Siklus Menstruasi Haid dan Datang Bulan ialah siklus yang tiap bulan dialami perempuan pada usia produktif,
  • Umumnya siklus menstruasi terjadi secara periodik setiap 28 hari (ada pula setiap 21 hari dan 30 hari),
  • Selain pada manusia, siklus menstruasi juga terjadi pada primata-primata besar.

0 comments:

Post a Comment