Sunday 15 April 2018

Siklus Menstruasi Pada Binatang Primata

 memang tidak hanya terjadi pada insan Siklus Menstruasi Pada Hewan Primata
Siklus Menstruasi memang tidak hanya terjadi pada manusia, namun binatang pun juga mengalami siklus menstruasi tersebut. Namun memang hanya terjadi pada hewan-hewan primata besar, sedangkan untuk hewan-hewan mamalia kecil mengalami siklus estrus.

Siklus Estrus pada binatang dikenal dengan istilah birahi, yang merupakan suatu periode secara psikologis atau fisiologis pada binatang betina yang bersedia mendapatkan pejantan untuk kopulasi (perkawinan). Adapun Siklus estrus ini dibagi menjadi beberapa fase proestrus, estrus, metestrus dan diestrus. Dan Siklus Estrus antara binatang yang satu dengan yang lain akan berbeda, tergantung bangsa, umur, dan spesies.

Fase Proestrus merupakan periode pada dikala folikel de graaf tumbuh di bawah dampak FSH dan menghasilkan sejumlah estradiol yang semakin bertambah pada binatang betina. Estradiol meningkatkan jumlah suplai darah ke jalan masuk alat kelamin dan meningkatkan perkembangan estrus, vagina, tuba fallopi, folikel ovarium pada Hewan betina.

Fase Estrus yaitu periode seksual pada binatang betina yang sangat terang lantaran disebabkan oleh tingginya level estradiol, folikel de Graaf membesar dan menjadi matang. Pada fae ini uterus berkontraksi dan ovum mengalami perubahan kearah pematangan. Metestrus yaitu fase dimana korpus luteum bertambah cepat dari sel-sel graulose folikel yang telah pecah dibawah dampak Luteinizing hormone (LH) dari adenohyphophysa.

Sedangkan fase Diestrus yaitu periode terlama dalam siklus estrus, dimana korpus luteum menjadi matang dan dampak progesterone terhadap jalan masuk reproduksi menjadi nyata. Pada fase Diestrus periode dimana folikel de Graaf bertumbuh dibawah dampak follicle stimulating hormone (FSH) dan menghasilkan sejumlah estradiol bertambah.

Proses ovulasi pada hewan sanggup didefinisikan terlemparnya cairan folikel serta ovum ke rongga peritoneal disekitar inpendibullum oviduk atau tuba uterin. Pada hampir seluruh binatang mamalia, ovulasi berkaitan akrab dengan birahi (estrus) lantaran absorbsi sejumlah besar estrogen ke dalam pedoman darah binatang terjadi sesaat sebelum ovulasi.

Ringkasan:
  • Siklus Menstruasi Pada Hewan hanya terjadi pada hewan-hewan Primata Besar,
  • Hewan Mamalia (Menyusui) mengalami Siklus Estrus yang berkaitan akrab dengan proses reproduksi,
  • Siklus Estrus pada binatang terbagi menjadi tiga yaitu fase proestrus, estrus, metestrus dan diestrus.

0 comments:

Post a Comment