Sunday 15 April 2018

Tips Membuat Lingkungan Rumah Sehat

 Lingkungan Rumah Sehat Bebas Penyakit tentu menjadi kebutuhan setiap keluarga cara Menciptakan Lingkungan Rumah Sehat
Lingkungan Rumah Sehat Bebas Penyakit tentu menjadi kebutuhan setiap keluarga, alasannya intinya sebuah rumah tidak hanya sebagai kawasan berteduh, dan berlindung dari cuaca. Apabila lingkungan rumah tidak sehat, maka tentu memicu aneka macam penyakit yang mengancam kesehatan anggota keluarga ibarat diare, ISPA, TBC, demam berdarah, malaria cacingan, dan penyakit berbahaya lainnya.

Agar lingkungan rumah tidak menjadi media penularan dan penyebaran aneka macam penyakit, maka diharapkan partisipasi semua anggota keluarga dan masyarakat untuk mejaga lingkungan tetap sehat dan bersih, dengan memperhatikan factor-faktor sebagai berikut:
  1. Lokasi rumah sebaiknya jauh dari lokasi rawan peristiwa ibarat banjir dan tanah longsor.
  2. Kualitas sumber air yang ada memenuhi persyaratan kesehatan. Sepeti jarak sumur dengan sumber air kotor (septic tank, sumur resapan, kanal air kotor yang tidak kedap air, kawasan penampungan sampah) ialah minimal 7 meter. Hal ini bertujuan untuk menjaga biar sumur tidak terkotori dan kualitas air sumur tetap terjaga.
  3. Genangan air di lingkungan rumah jangan hingga ada lebih dari satu minggu. Hal ini tentu untuk menghindari perkembangbiakan nyamuk.
  4. Taman di sekitar rumah, bertujuan untuk membuat suasana alami yang sejuk dan teduh. Tanaman yang berwarna warni akan menambah keceriaan dan kehangatan di lingkungan rumah. Namun tentu yang harus diperhatikan ialah tidak membiarkan tanaman hingga terlalu rimbun biar tidak menghalangi senar matahari masuk ke dalam rumah terutama pada pagi hari
  5. Pengelolaan sampah rumah tangga sebaiknya dikelola dengan system 5 R, Refuse (tolak barang yang tidak dibutuhkan ibarat brosur dll), Reduce (Menyumbangkan barang tidak terpakai), Reuse (hindari penggunaan barang sekali pakai, ibarat tissue diganti serbet dan berbelanja memakai kantong tas), Recycle (Mendaur Ulang Sampah) dan Rot (Membuat Kompos dari sampah basah)
  6. Menempatkan binatang ternak, dihentikan terlalu akrab dengan rumah, dan selalu jaga kebersihan kkamungnya
  7. Kolam air yang berisikan ikan baik itu di taman, atau dalam rumah berupa bak akuarium sanggup memperlihatkan ketenangan pada diri kau dan anggota keluarga yang lain.
Ringkasan:
  • Lingkungan Rumah Sehat  akan memperlihatkan kenyamanan dan jaminan kesehatan untuk anggota keluarga,
  • Menciptakan Lingkungan Rumah Sehat sanggup dilakukan dengan menentukan lokasi yang tepat, menjaga kebersihan dan membuat lahan hijau,
  • Pengelolaan sampah rumah tangga sanggup dengan Refuse, Reduce, Reuse, Recycle, Rot.

0 comments:

Post a Comment