Wednesday 6 December 2017

Tips Ibu Melahirkan Secara Alami Tanpa Rasa Sakit

Keuntungan melahirkan secara normal dan alami

Melahirkan yakni sebuah momen bersejarah bagi seorang ibu terutama bagi mereka yang gres mencicipi bersalin. Setiap perempuan memang mempunyai pengalaman bermacam-macam berkaitan dengan proses kelahiran sehingga terdapat tanggapan yang berbeda antara orang satu dengan yang lainnya.

Pada umumnya, dikala proses kelahiran hanya mengalami rasa sakit yang singkat ketika kontraksi mengakibatkan sedikit rasa nyeri kemudian sesudahnya, menyerupai mendorong bayi itu semua menjadi mudah. Jangan biarkan rasa takut membayang-bayangi anda yang justru bakal mengganggu proses kelahiran bayi.

Bagi ibu-ibu yang sedang menantikan kedatangan buah hati masuk akal saja merasa takut dan was-was apalagi kalau ini yakni kali pertama melahirkan. Namun tak usah khawatir dengan itu semua beberapa tips di bawah ini sanggup anda coba dan mudah-mudahan membantu proses kelahiran dengan mulus selain juga berkonsultasi ke dokter.
Keuntungan melahirkan secara normal dan alami Tips Ibu Melahirkan Secara Alami Tanpa Rasa Sakit

Melahirkan secara normal umum diprioritaskan sebab memperlihatkan banyak sekali keuntungan, antara lain :
  1. Melahirkan secara normal meminimalkan resiko, misalnya terhindar dari pendarahan hiperbola atau bisul pada jahitan yang mungkin terjadi pada persalinan secara Caesar.
  2. Biaya persalinan relatif lebih murah kalau dibandingkan dengan melahirkan melalui operasi Caesar, 
  3. Proses pemulihan pasca melahirkan relatif lebih cepat kalau dibandingkan ibu yang melaksanakan persalinan Caesar.
  4. Perasaan menjadi seorang ibu akan terasa tepat setelah berhasil melahirkan secara normal. Rasanya tidaklah sama dengan cara lain.
  5. Melahirkan lebih alami secara biologis akan memicu tubuh untuk memproduksi kolustrum biar menghasilkan ASI.
Karena pentingnya melahirkan secara normal, maka bunda perlu melaksanakan persiapan dikala menjalani masa kehamilan.

Tips kesehatan ibu hamil selama mengandung
Berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui para calon ibu maupun ibu hamil sebagai persiapan biar sanggup melahirkan secara normal :
  • Dianjurkan untuk melaksanakan kontrol rutin selama dari bulan demi bulan  kehamilan guna mengetahui kondisi kesehatan janin. Memeriksakan diri secara teratur pada bidan maupun dokter. Konsultasikan keluhan maupun penyakit yang dialami semenjak dini.
  • Memulai masa kehamilan dengan pikiran aktual sedari awal kandungan. Adanya iktikad baik melahirkan secara normal dan alami. Menerima semua perubahan tubuh selama kehamilan dengan syukur, suka dan sedih calon ibu sebagai episode dari kodrat seorang wanita.
  • Menjaga kondisi tubuh senantiasa fit dengan melaksanakan persiapan fisik menyerupai senam hamil, berjalan kaki di pagi hari, latihan pernafasan, dan tehnik relaksasi yang bertujuan memperoleh kebugaran semasa hamil dan memperlihatkan imbas aktual perkembangan bayi yang berada dalam kandungan. Termasuk latihan-latihan mempersiapkan posisi yang tepat bagi bayi nanti yang sanggup mempermudah proses melahirkan.
  • Menjaga stamina tubuh dengan istirahat cukup, pola makan yang sehat dan teratur semenjak awal kehamilan. Terutama memenuhi kebutuhan zat gizi dan nutrisi lengkap yang baik bagi kesehatan bayi dan ibu hamil. Hindari kebiasaan makan masakan siap saji, minuman beralkohol, narkotika dan merokok. 
  • Menjalin pertemanan sebanyak-banyaknya dengan sesama ibu hamil yang pernah melahirkan secara normal dan membuatkan pengalaman. Pelajari banyak sekali warta yang diperlukan mengenai bayi dan menjadi seorang ibu biar merasa termotivasi dan pertolongan untuk melahirkan normal.
  •  Lakukan pijatan-pijatan untuk melancarkan proses kelahiran sang bayi. Lakukan pijatan antara vagina dan tempat rektum supaya area tersebut lebih fleksibel, gampang membuka dan meregang serta mencegah terjadinya robekan sewaktu melahirkan.

Tips persiapan melahirkan normal bagi ibu hamil menjelang persalinan

1. Menjaga kesehatan
Mengkonsumsi masakan bergizi seimbang, minum susu, perhiasan dari dokter, istirahat yang cukup dan bergerak secukupnya sebelum melahirkan. Hal ini dilakukan sebab dalam proses persalinan membutuhkan banyak tenaga untuk mendorong bayi keluar dengan lancar.

2. Selalu aktif ketika kontraksi.                                                                                                                    Ketika kontraksi bolehlah beristirahat dan tiduran namun ketika reda sebaiknya berjalan-jalan sejenak. Jagalah posisi tubuh selalu tegak untuk mempercepat pembukaan dan menciptakan bayi keluar dengan mudah.

3. Minum Teh raspberry
Teh raspberry diyakini berguna membantu melancarkan proses kelahiran. Minum sampai 4 cangkir teh raspberry setiap hari. Kini juga tersedia dalam bentuk tablet.

4. Mendekati hari-hari asumsi tanggal persalinan, sempatkan untuk survei ke rumah sakit atau klinik tempat ibu akan melahirkan. Berkenalan dengan bidan/perawat, melihat-lihat tempat bersalin dan mengetahui kemudahan pendukung ruangan yang tersedia dalam proses persalinan normal.

5. Melakukan hal - hal yang memperlihatkan ketenangan pada ibu dikala berada di ruang bersalin. Mainkan musik atau lantunan lagu lembut selama menunggu proses melahirkan berlangsung. Menghadirkan orang terdekat, suami atau ibu sebagai pertolongan selama proses persalinan.

6. Menjalin korelasi yang baik dengan dokter dan bidan di ruang bersalin. Bertanya tanpa ragu bila ada mekanisme yang belum jelas. Pemenuhan kebutuhan rasa kondusif dan nyaman dikala bersalin sangat penting. Komunikasikan dengan bidan bila terdapat hal - hal yang dirasa mengganggu kenyamanan proses melahirkan.

7. Sebaiknya siapkan kudapan dan minuman hangat cantik yang sanggup dinikmati di sela - sela proses kontraksi berlangsung ntuk mengantisipasi rasa lemas dan tak berpengaruh mengejan.

8. Tidak menahan buang air kecil selama proses persalinan. Keadaan kandung kemih yang penuh akan menghambat turunnya kepala bayi ke dasar panggul. Bila ibu masih berpengaruh luangkan waktu jalan-jalan di sekitar ruang bersalin akan sangat membantu kelancaran proses turunnya kepala bayi.

9. Tidak mengkonsumsi obat-obatan atau ramuan pelancar ibu bersalin yang beresiko tanpa sepengetahuan dokter/bidan.

10. Berdoalah untuk kelancaran persalinan. Kendalikan tingkat stres dan tekanan darah yang sanggup mengganggu proses melahirkan. Dengan kondisi psikis terjaga, memudahkan proses melahirkan tanpa rasa sakit atau tidak terlalu sakit.

Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih telah membaca

Sumber : health.kompas.com, carabadansehat.blogspot.com, lompoulu.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment