Tuesday 3 April 2018

Penyebab Dan Deteksi Dini Penyakit Hidrosefalus

 terjadi lantaran adanya gangguan ajaran cairan di dalam otak  Penyebab dan Deteksi Dini Penyakit Hidrosefalus
Penyakit Hidrosefalus terjadi lantaran adanya gangguan ajaran cairan di dalam otak (cairan serebrospinal) yang mengakibatkan kepala membesar dan menekan jaringan otak dan saraf-saraf di sekitarnya. Adapun penyebabnya ialah bermacam-macam, dan yang paling sering ialah lantaran adanya kelainan bawaan semenjak lahir yang disebabkan oleh infeksi toksoplasmosis selama di rahim. Sehingga apabila ditemukan bisul pada ibu hamil, maka biasanya bayi yang dilahirkan akan mengalami penyakit hidrosefalus.

Deteksi Dini Penyakit Hidrosefalus sanggup dilakukan dengan cara sederhana, yaitu dengan rutin mengukur lingkar kepala dikala investigasi di bidan atau dokter dikala imunisasi. Bahkan mengukur kepala bayi sanggup dilakukan siapa saja, asal mengetahui caranya. Yaitu dengan memakai meteran kain yang biasanya dipakai oleh penjahit.

Pengukuran kepala bayi dilakukan dengan mengelilingi lingkar kepala melewati kedua alis melingkari belakang kepala di belahan yang paling menonjol. Ukuran lingkar kepala bayi yang normal ialah antara 30-37 cm. Selanjutnya lingkar kepala bayi akan mengalami pertumbuhan pada usia 0-3 bulan sebesar 2 cm, pada usia 4-6 bulan akan bertambah 1 cm per bulan. Selanjutnya pada usia 6-12 bulan lingkar kepala bayi akan mengalami pertambahan 0,5 cm per bulan. Dan yang terakhir pada usia anak kau balita hanya akan bertambah 50 cm, sedangkan pada usia 12 tahun maka ukuran kepala anak akan menetap dan tidak akan membesar lagi.

Apabila dari hasil pengukuran didapatkan  hasil yang tidak sesuai dengan pertambahan tersebut diatas, maka sebaiknya kau segera lakukan investigasi ke dokter untuk dilakukan investigasi lebih lanjut, ada indikasi penyakit hidrosefalus ataukah tidak.

Pemeriksaan dokter untuk memastikan penyakit hidrosefalus atau lantaran penyebab lain ialah dengan melaksanakan CT-Scan untuk memastikan apakah memang kelainan itu hidrosefalus atau ada penyebab lain. Apabila memang ada kelainan ringan, dokter akan menyedot cairan di otak bayi dan bayi sanggup tumbuh dengan sehat kembali.

Cara Mencegah Penyakit Hidrosefalus


Penyakit hidrosefalus bukan penyakit turunan, sehingga sanggup dicegah dengan melaksanakan investigasi secara rutin sebelum dan selama hamil, untuk mengetahui perkembangan bayi di dalam kandungan dan kau juga sanggup melaksanakan Tes TORCH untuk mencegah bayi cacat semenjak di dalam kangungan. Ibu Hamil juga harus menjaga asupan gizi, lantaran apabila terjadi kekurangan zat gizi tertentu atau komponen tertentu sanggup menjadikan kelainan pada bayi, termasuk kelainan otak.

Ringkasan:
  • Hidrosefalus disebabkan lantaran adanya lantaran adanya gangguan ajaran cairan di dalam otak,
  • Penyakit Hidrosefalus merupakan penyakit bawaan semenjak lahir dan bukan penyakit keturunan,
  • Mencegah Penyakit Hidrosefalus ialah dengan melaksanakan investigasi rutin selama hamil.

0 comments:

Post a Comment