Saturday 14 April 2018

Manfaat Senam Kegel Untuk Ibu Hamil

 Manfaat Senam Kegel pada awalnya dikenal untuk mengatasi ketidakmampuan menahan pipis  Manfaat Senam Kegel Untuk Ibu Hamil
Manfaat Senam Kegel pada awalnya dikenal untuk mengatasi ketidakmampuan menahan pipis (inkotinensia) pada wanita. Gangguan kesehatan ini sering terjadi sesudah persalinan, namun bisa juga disebabkan lantaran alasannya yaitu lain. Senam ini bisa mengatasi inkotinensia lantaran sanggup melatih atau menguatkan otot-otot dasar panggul (pelvic floor muscle). Senam Kegel masuk dalam salah satu gerakan senam hamil, lantaran sanggup membantu, persalinan normal lebih mudah.

Selain untuk mengatasi ketidakmampuan menahan pipis pada wanita, Manfaat senam kegel juga sebagai kesehatan hubungan suami isteri. Hal ini dikarenakan sehat dan kuatnya otot-otot dasar panggul memegang peranan dalam orgasme wanita. Selain dilakukan pada wanita, laki-laki juga bisa melaksanakan gerakan senam kegel untuk membantu mengendalikan ejakulasi (long lasting).

Apabila Senam Kagel dilakukan pada ketika nifas, sanggup membantu atau mempercepat penyembuhan luka robekan perineum (apabila ada). Sedangkan apabila dilakukan oleh ibu hamil, sanggup menunjukkan manfaat besar yang diantaranya adalah:
  • Mencegah robeknya perineum,
  • Mengurangi resiko urinasi ibarat inkontinensia (ketidakmampuan menahan pipis) sesudah persalinan,
  • Mengurangi resiko hemoroids (ambein) pada wanita,
  • Mempermudah proses persalinan, lantaran gerakan senam kegel sanggup memperkuat otot dan lebih terkendali.
Gerakan Senam Kegel

Sebelum melaksanakan Senam Kegel, kau harus mengenali otot dasar panggul yang benar (yang akan dilatih) yaitu ototpubo-coccyygeus. Adapun latihan senam kegel sanggup dengan menyetop pipis ketika sedang pipis kemudian pipis lagi (Stop and Go). Atau dengan cara memasukkan jari ke dalam vagina, kemudian lakukan gerakan menahan pipis, apabila jari terasa terjepit maka itulah otot yang akan digerakkan atau dilatih.

Setelah kau mengetahui serpihan otot mana yang akan dilatih, maka gerakkan otot tersebut selama 3 – 10 detik sesudah itu lemaskan. Lakukan gerakan ini 10-20 kali atau atau akan lebih baik dilakukan hingga terasa capek. Lakukan latihan ini minimal 3 kali sehari. Dan bisa dilakukan dimana saja, baik itu ketika sedang duduk di kantor, di mobil, di bus, ketika menunggu diruang tunggu praktek dan tempat-tempat lainnya. Bernafaslah secara normal dan jangan hingga kaki, bokong dan otot perut bergerak selama melaksanakan senam kegel ini.

Ringkasan:
  • Pada awalnya Senam Kegel bertujuan untuk ketidakmampuan menahan pipis pada wanita,
  • Gerakan Senam Kegel yaitu dengan melatih otot dasar panggul dengan mengencangkan dan mengendorkan,
  • Manfaat Senam Kegel pada itu hamil yaitu mempermudah proses persalinan, lantaran sanggup memperkuat otot dan lebih terkendali.
Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA

0 comments:

Post a Comment