Monday 16 April 2018

Gerakan Senam Yophytta Untuk Ibu Hamil

 sekaligus melancarkan proses persalinan Gerakan Senam Yophytta untuk Ibu Hamil
Senam Hamil dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu hamil, sekaligus melancarkan proses persalinan. Salah satu senam yang juga dilakukan oleh ibu hamil yakni Senam Yophytta. Senam Hamil ini merupakan campuran antara Yoga, Hypnoteraphy, Pilates, dan Tai Chi, sehingga apabila dilakukan secara teratur akan menciptakan tubuh Ibu Hamil menjadi lebih sehat, bugar, dan mempermudah proses persalinan. Adapun perbedaan senam hamil biasa dengan Yophytta yakni senam biasa menekankan gerakan fisik saja, namun Senam Yophytta menggabungkan latihan fisik, mental, dan spiritual ibu hamil.

Senam Yophytta bisa mulai dilakukan pada usia kehamilan 5 bulan, dengan durasi latihan 1 – 1,5 jam perhari. Dan pada senam ini terdapat dari persiapan Mental dan spiritual ketika proses persalinan, sehingga sanggup mengurangi kekhawatiran yang berkaitan dengan proses kelahiran yang akan ia alami. Dengan senam Yophytta diperlukan ibu hamil akan memiliki kemampuan berpikir positif, menghilangkan stres, menjaga kestabilan emosi, dan mengurangi keluhan selama hamil (nyeri sendi,sakit pinggang, dan morning sickness).

Untuk manfaat fisik, Senam Yophytta sanggup memperkuat elastisitas otot dasar panggul dan dinding perut yang tentu sangat berperan terhadap kehamilan dan persalinan. Senam Yophytta dilakukan untuk menarik lebih banyak energi ke dalam tubuh Ibu Hamil melalui pernafasan, dan akan disimpan dalam tubuh, sedangkan energi negatif di dalam tubuh ibu hamil dikeluarkan melalui udara yang dikeluarkan ketika pernapasan. Adapun absorpsi energi nyata ke dalam tubuh ini merupakan tahap pertama dalam senam Yophytta, yaitu tahap relaksasi.

Gerakan Senam Yophytta

Gerakan Senam Yophytta dimulai dengan gerakan duduk santai, dan mencicipi setiap tarikan nafas. Setelah itu kau harus syukuri semua bab tubuh dari mata sampai kaki. Di ketika yang sama kau juga harus berusaha menghilangkan setiap pikiran negatif (Diri tidak sempurna, atau perasaan tidak bisa menjadi ibu yang baik).

Gerakan Senam Yophytta yang kedua yakni afirmasi (membangun pikiran positif), yang membutuhkan latihan hypnotherapy. Dengan posisi tetap duduk, ibu hamil mendengarkan banyak sekali kata-kata nyata dari pelatih atau kata-kata Anda sendiri yang bisa memberi stimulasi nyata pada pikiran itu.

Gerakan Senam Yophytta yang terakhir yakni latihan fisik, latihan peregangan, latihan untuk mempersiapkan otot dasar panggul, dan latihan otot paha bab dalam. Salah satu gerakan yang bisa disebutkan yakni gerakan kupu-kupu, yang melatih perineum (daerah antara kedua belah paha) dan bertujuan untuk merelaksasikan tempat panggul ibu hamil. Luruskan kaki kiri, kemudian gendong kaki kanan dengan tangan, dan goyangkan secara pelan-pelan.

Gerakan lain Senam Yophytta yakni gerakan kucing, yang mengajarkan Ibu Hamil ketika harus mengejan ketika persalinan. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan yakni dengan melaksanakan posisi merangkak, kemudian melengkungkan punggung ke atas dalam beberapa hitungan, sesudah itu melengkungkan punggung ke bawah, juga dalam beberapa hitungan.

Selain Gerakan Senam Yophytta, Ibu Hamil harus memperhatikan cara duduk dan berdiri supaya tidak membahayakan dirinya dan janin. Saat mengangkat tubuh dari posisi duduk, libatkan kedua tangan untuk menumpu badan. Dengan cara ini kau akan terhindar dari cidera otot ketika kehamilan.

Ringkasan:
  • Senam Hamil berfungsi untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan mempermudah proses persalinan,
  • Senam Ibu Hamil bisa mulai dilakukan ketika usia kehamilan lima bulan, dan salah satu senam hamil yakni Yophytta
  • Gerakan Senam Yophytta menggabungkan latihan fisik, mental, dan spiritual ibu hamil.

0 comments:

Post a Comment