Sunday 15 April 2018

Senam Hamil Meningkatkan Durasi Tidur Ibu Hamil?

 yakni gerakan senam yang dikhususkan untuk menjaga kebugaran ibu hamil Senam Hamil Meningkatkan Durasi Tidur Ibu Hamil?
Senam Hamil yakni gerakan senam yang dikhususkan untuk menjaga kebugaran ibu hamil, termasuk mengatasi keluhan-keluhan yang sering dialami oleh ibu hamil. Adapun keluhan yang paling sering dialami ibu hamil tersebut yakni nyeri punggung dan Gangguan tidur terutama pada usia kehamilan trimester ketiga. Hal ini mungkin dikarenakan adanya pikiran mengenai proses persalinan yang akan dilakukan.

Pada usia kehamilan ini ibu hamil akan mengalami kecemasan yang berakibat munculnya depresi dan kesulitan tidur. Adapun Kesulitan tidur pada perempuan hamil sanggup berupa penurunan durasi tidur. Dari perkara tersebut maka telah dilakukan penelitian bagaimana senam hamil sanggup meningkatkan durasi tidur ibu hamil, dan mengetahui manfaat senam hamil dalam meningkatkan durasi tidur ibu hamil pada trimester ketiga.

Penelitian yang dilakukan memakai metode pre eksperiment dengan pendekatan quasi eksperiment dan desain penelitian pre and post test without control design dengan Jumlah sampel yakni terdiri dari 9 responden. Yang dilakukan di Rumah Sakit Umum PKU Muhammadiyah Surakarta selama 4 minggu.

Dari pengamatan dan pengujian diketahui bahwa Durasi tidur 5-6 jam pada ibu hamil trimester ketiga termasuk kategori kurang. Sedangkan data durasi tidur yang diukur sesudah dilakukan perlakuan dengan senam hamil diperoleh nilai durasi tidur 7 jam terbesar 55,56%. Hal ini memperlihatkan terdapat peningkatan durasi tidur dari kategori kurang menjadi cukup/sedang. Tella et al (2011) menyatakan bahwa sesudah dilakukan latihan aerobic dan sleeping education pada 30 perempuan hamil, sesudah enam ahad perlakuan didapatkan penurunan tingkat insomnia dari 18,4 ± 7,9 menjadi 2,9 ± 0,4 dengan pengukuran Insomnia Severity index (ISI).

Hasil penelitian memperlihatkan bahwa senam hamil kuat dalam peningkatan durasi tidur ibu hamil pada trimester ketiga, ditunjukkan dengan nilai p = 0,004 (p<0,005). Hal ini disebabkan lantaran senam hamil akan menawarkan pengaruh relaksasi pada ibu hamil yang sanggup kuat terhadap peningkatan durasi tidur bagi ibu hamil. Sehingga sanggup disimpulan bahwa senam hamil bermanfaat untuk meningkatkan durasi tidur ibu hamil pada trimester ketiga.

Dari penelitian lain diketahui bahwa Ibu Hamil yang kurang tidur akan meningkatkan resiko bayi lahir meninggal ketika dilahirkan. Untuk itu, sangat penting bagi kau untuk memulai melaksanakan latihan senam hamil, sehingga sanggup memiliki waktu tidur yang cukup dan dengan otomatis akan mengurangi resiko simpulan hidup pada bayi ketika dilahirkan.

Ringkasan:
  • Kebanyakan ibu hamil dengan usia kehamilan trimester ketiga memiliki durasi tidur yang kurang,
  • Waktu tidur yang kurang pada ibu hamil akan meningkatkan resiko simpulan hidup bayi ketika dilahirkan,
  • Senam Hamil sanggup Meningkatkan Durasi Tidur Ibu Hamil lantaran menawarkan pengaruh relaksasi pada ibu hamil.

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA

0 comments:

Post a Comment